Sabtu, 24 Desember 2016

Cara Membuat Klakson Telolet Sendiri

Mumpung lagi trend klakson telolet, kali ini kami akan Berbagi Info Cara Membuat Klakson Telolet Sendiri. Namun sebelumnya kami akan mengulas terlebih dahulu apa itu klakson. Menurut wikipedia.org, klakson yaitu trompet elektromekanik berbentuk suatu alat yang bikin pendengarnya waspada. Biasanya klakson digunakan pada kereta, mobil dan kapal untuk mengkomunikasikan sesuatu, dimana klakson memberi tahu pendengarnya bahwa ada kendaraan yang datang dan mengingatkan akan kemungkinan bahaya yang terjadi. Klakson adalah perlengkapan yang melekat pada kendaraan bermotor pada umumnya. Dalam Pasal 70 Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1993 tentang Kendaraan Bermotor dan Pengemudi, klakson dikategorikan sebagai komponan pendukung yang merupakan bagian dari kontruksi kendaraan bermotor, sama seperti kaca spion, bumper, wiper, sabuk pengaman, atau alat pengukur kecepatan untuk kendaraan yang memiliki kemampuan kecepatan 40km/jam atau lebih pada jalan datar.

Fungsi Klakson

Klakson merupakan alat untuk berkomunikasi antara pengemudi kendaraan yang satu dengan yang lainnya. Klakson digunakan saat pengemudi ingin ”berbicara” atau memberi isarat kepada pengemudi yang lain untuk keselamatan dan keamanan kedua belah pihak, misalnya, ketika hendak mendahului, meminta ruang jalan, dan sebagainya.

Sejarah Klakson

Klakson elektrik ditemukan oleh Miller Reese Hutchison yang merupakan kerabat Thomas Edison. Klakson di terapkan pada mobil mulai tahun 1908. Pertama kali klakson ini dipasang pada mobil pribadi yang arus listriknya berasal dari baterai sel kering berkekuatan 6 volt, dan pada tahun 1911 arus listrik untuk membunyikan klakson menggunakan baterai yang bisa diisi ulang.

Cara menggunakan klakson yang baik dan benar

Secara umum menggunakan klakson diatur dalam pasal 71 PP No.43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. Dalam ayat 1, dikatakan isyarat peringatan dengan bunyi yang berupa klakson dapat digunakan apabila :

- Diperlukan untuk keselamatan lalu lintas
- Melewati kendaraan lain yang ada di depan

Hanya untuk kepentingan itu saja klakson relevan digunakan.

Bahkan dalam ayat 2 pasal diatas ditentukan larangan menggunakan klakson, yakni; Pada tempat–tempat tertentu yang dinyatakan dengan rambu– rambu. Namun begitu tidak ada ketentuan yang mengatur kiteria suara yang tidak sesuai.

Pasal 74 PP No.44 Tahun 1993 hanya menyebutkan bahwa klakson harus dapat mengeluarkan bunyi yang dalam keadaan biasa dapat didengar pada jarak 60 meter. Setiap kendaraan bermotor selalu dilengkapi dengan klakson. Bunyi klakson bermacam-macam. Ada yang bunyinya lembut dan sopan, dan ini membuat orang simpatik. Namun, klakson yang keras bisa melahirkan umpatan.

Cara Membuat Klakson Telolet Sendiri

Dibawah ini saya akan share gambar skema rangkaian klakson mobil elektronik sebagai panduan anda bila pingin coba membuatnya sendiri. Tampilan gambar skema rangkaian klakson mobil elektronik bisa dilihat dibawah ini.


Keterangan Skema Rangkaian Klakson

1 komponen Lm556 osilator ganda / timer, U1, disetting sebagai pengemudi osilator 2 suara U2, penguat ganda 4-watt. Di antara osilator, pin 1 hingga 6, yang terdapat didalam u1 membuahkan sinyal frekuensi atas lebih kurang 200 Hz, namun osilator ke-2, pin 8 hingga 13, berikan sinyal frekuensi yang lebih rendah dari lebih kurang 140 Hz. Menambah atau kurangi frekuensi pada rangkaian klakson mobil elektronik tersebut dengan langkah merubah nilai pada C2 serta C3. Output U1, pin 9 serta 5, yang tersambung ke potensiometer terpisah untuk berikan kontrol atas volume serta keseimbangan. Tiap-tiap 1/2 dari U2 membuahkan 4w audio yang diantar ke dua pengeras nada 8 ohm melewati kapasitor C7 serta C8.

Cukup sekian informasi Cara Membuat Klakson Telolet Sendiri pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar